Rabu, 05 Desember 2012

Romansa Ujan


Oi oi oi…. akhirnya Jakarta ujan juga… dalam artian bener-bener berasa musim ujan-nya, ga cuma ujan sekali-kali doang, walopun ini seharusnya kan uda mulai dari beberapa bulan yang lalu yaaak ?
Apapun teori yang menyebabkan terlambatnya musim ujan ini, yang jelas sekarang : it’s raining meeennnnn… Haleluyaaa… It’s Raining meeeennn..  wahahaha jadi keingetan lagunya Geri Halliwell, soundtrack-nya Bridget Jones’s Diary beberapa tahun yang lalu.

Kenapa gue suka banget ma hujan…. selain proses-nya yang menakjubkan (yang sebenarnya ga penting-penting amat buat gue, peacee yaa), tapi yang pasti, buat gue hujan itu romantis
Ini karena sejak kecil dicekokin banyak film-film dengan setting ujan plus karena gue orang melankolis abis, makanya berasa feel-nya dapet bange, kalo ada film yang ada adegan pisahnya, trus yang diputusin nangis-nangis sambil ujan-ujanan gitu wahahahah.

Jurassic Park ga akan mulai asik kalo ga ada ujan badai yaaa.
Coba apa yang diinget di film Spiderman 1…  adegan kissing kebalik pas ujan kann..? (itu mah bukan karena ujannya tapi karena kissing-nya yang ga umum yaaak hihihihi).
Bahkan film favourite gue sepanjang masa (setidaknya ampe saat ini) adalah …. Twister…ini juga ga nyambung, secara itu kan film soal badai, soal gimana nyungsepin alat bernama dorothy ke bawah Tornado, yaaa setidaknya suasananya masih dapet lahh, mendung-mendung mesra gitu….

Lucunya (kata lain dari : Anehnya) sampe sekarang, gue malah belum pernah sekalipun nonton film Singin’ In The Rain, padahal dari judulnya kan uda ada unsur ujan-nya yaaa… n gue ga ngefans tuh ma Rain, artis Korea itu (biarlah hal ini menjadi kesukaaan pasangan hidup gue aja, eeeh dia ga gitu ngefans Rain ding, doi sukanya Lee Seung Gi).

Buat gue, hujan adalah salah satu hal yang bisa ngebuat gue bisa kecehan (ujan-ujanan sambil mainan luapan air di jalan) dengan sangat semangat bahkan cenderung rame-rame ajak temen-temen gitu. Kalo di kampung mah aernya masih bersih, selokannya lancar, jadi kalo ujan, itu murni beneran luapan air ujan yang ga ketampung tanah n ngalir, jangan dibayangin kayak di Jakarta sini yaa…kalo kecehan  itu dilakukan di Jakarta namanya ngobok menjurus ke kebanjiran yaak …?

Naah dulu tuuh, asiknya kalo kecehan yang dibarengi ma gluduk a.k.a petir, waaahh semakin yahud dah, palingan pulang-pulang dimarahin ma nyokap (panggilan sebenarnya Ibu, namun karena terlanjur menggunakan kata ganti “gue” rasanya ga nyambung kalo ditulis dengan panggilan sebenarnya yaaak huwahahahaha).

Kalo udah gitu, dulu doa-nya: “Semoga ujannya sore menjelang malam dan lama”, supaya :
1. Uda pulang dari sekolah
2. Abis kecehan, trus mandi
3. Abis mandi trus makan
4. Abis makan trus tidur lebih awal daah ditemeni ujan ma bunyi gludak-gluduk gitu.

Meskipun demikian, yakinlah hal itu jaraaang banged kejadian, sekali-kalinya lama dan berhari-hari, Sungai Serayu langsung deh luber, banjir terbesar selama gue tinggal di Banyumas sana (OMG, itu bukan karena doa gueee kan yaaak ???).

Satu hal yang paling enak di kala hujan selain makan Indomie (eeeh mie instan rebus ding) plus nyruput (minum) susu coklat anget adalah RUMAH.

Kenapa Rumah ?
Karena kalo pas lagi dahsyat-dahsyatnya langit menggelontorkan airnya, Rumah adalah tempat ternyaman, tempat perlindungan di mana di situ berkumpul orang-orang yang kita cintai.
Rumah buat gue adalah satu tempat kita dimana kita bisa share bahagia satu sama lain, share rasa takut, rumah adalah tempat di mana kita mulai belajar, nyoba-nyoba idup, tempat di mana saat kita diomelin abis-abisan namun di saat yang bersamaan tersedia pelukan-pelukan penerimaan. Rumah adalah tempat di mana kita bebas menikmati kesedihan dan kepedihan bahkan rumah adalah tempat di mana kita bisa simpen rahasia,  simpen muka kita yang sebenernya.
Meskipun jujur hal itu ga semua bisa kita rasain, apalagi di sini, di Jakarta. Buat gue disini banyak rumah-rumah mewah namun ga bikin homy (gimana mau homy, wong rumah-rumah itu bukan punya gue wahahahah).

Di Jakarta juga banyak rumah yang sangat ga nyaman kala ujan n aer-nya meluap, gimana nyaman wong aer-nya meluap sampe masuk rumah gitu, mana bisa bikin indomie n nyeruput susu coklat, yang ada rasa panik kalo aernya semakin naik n ga surut-surut.

Terlepas dari rumah mewah dan rumah yang berada dalam peta banjir, rumah buat gue akan homy kalo diisi oleh pribadi-pribadi yang saling mencinta, yang saling memahami, saling melengkapi, saling menertawakan bahkan disaat guyonan kita garing abis, saling setia saat ribuan episode kehidupan hilir- mudik didalamnya.
Memang ga semua orang beruntung bisa dapetin hal itu semua, rumah yang nyaman yang gak kebanjiran saat hujan dateng ataupun rumah yang homy buat “jiwa-jiwa” penghuninya.

Meskipun demikian, gue bersyukur di usia lebih dari seperempat abad ini (lebihnya banyak yaa), dan ditempat yang muskil gue jangkau di kala gue kecil, di Jakarta ini gue nemu “rumah” gue, “rumah” yang siap nampung berbagai peristiwa bahagia, duka, takut serta usaha, “rumah” penuh cinta yang bahkan saat kata cinta itu ga terucap, namun terlihat dalam setiap tindakan kita.
I Love you Pats (itu nama kecil pasangan gue).


Jakarta, 22 November 2012


Tulisan ini juga bisa dibaca di komikmuda.com :
http://komikmuda.com/2012/11/29/romansa-ujan/


1 komentar: