Sabtu, 08 Desember 2012

The Life of Me - setelah nonton Life of Pi



Sebenernya gue pengen nonton Life of Pi karena :
1.       Dulu pengen beli bukunya ga pernah kesampaian.
Meskipun ga  ngerti ceritanya, ringkasan ceritanya yang gue inget ada bocah terjebak disebuah sekoci penyelamatan ditemani macan, orang utan, zebra ma hyena.....  mmmm dalam bayangan gue kala itu :
-          apa binatang-binatang ini uda jinak,
-          ataukah Pi ini, anaknya yang punya sirkus
-          bahkan kepikiran ini cerita fabel yang binatang n manusianya bisa ngobrol-ngobrol  yaaaaaa mirip-miriplah ama mowgli  atau  George of the Jungle gitu.
-          pengen ngerti dengan setting yang “hanya” sekoci ditengah laut itu apa yang bisa ditulis dalam sebuah buku....

2.       Kemudian saat Trailer film-nya keluar, ga gitu antusias banged dengan visual-nya tapi malah tertarik banged karena scoringnya yang emosionil banged plus adegan paus lompat yang spektakuler dengan warna dominan  ijo metalik gitu, langsung deh teriak-teriak dalam hati HARUS nonton film ini.



3.     Gara-gara itu lalu mulai rajin cari2 info soal Life of Pi dan terakhir baca resensinya di Cinemags (majalah film favorit gue)  dan semakin penasaran dengan cerita Pi yang memeluk 3 agama (bahkan ngajar Agama Yahudi juga), makin penasaran gue....

Jreng Jreng......Setelah nonton film-nya, penilaian gue tentang film ini : DAHSYYYYAAAAAAATTTTT abis.

·         Settingnya  ga cuma “sekoci” dan lautan  tapi ada juga Toronto, India (tepatnya di Pondicherry -ampe takjub di India ada juga kebun teh yang indah banged-, bagian India yang dikenal sebagai The French riviera of the east (dijelasin koq di Film itu atau mungkin dibukunya juga kali ya ?)), ada juga pulau karnivora, dan meksiko. 

Ang Lee memaksimalkan Visual film-nya kali ini dengan angle-angle yang menarik bahkan di beberapa bagian gue nahan nafas apalagi saat kapalnya tenggelem dan adegan Badai, Ombaknya itu loooohhhh, dibandingin The Perfect Storm-nya George Clooney ma The Guardian-nya Kevin Costner, yang ini lebih gilaaaaa.  Apalagi begitu ampe di adegan Pi uda di Sekoci, uda deeeh gue terhanyut (ahahaha bahasanya…) ampe berharap film-nya ga abis-abis gitu
Dan sang sutradara asal Taiwan ini sengaja memaksimalkan visual dengan bantuan Format 3D, beliau ga ngebuat format 3D demi gaya-gaya-an atau karena latah n tekanan para produser-produser di sana demi keuntungan semata, Tampilan 3D ini semakin ngebuat film ini idup.
  


·         Dialog-dialognya Mantab (beberapa kali gue sampe meng-gila-gila kan kalimat-kalimat yang dilontarkan disana) ga terkesan meng-gurui tapi kontemplatif banged. Ga perlu kalimat mikir yang bikin keriput jidat, tapi dengan sederhana menanyakan sesuatu yang luar biasa.

·         Aktingnya ehemmm emang mau diperhatiin sampe situ yaaaa ? Aktingnya buat gue wajar, ngalir n nyaman ditonton.  Padahal jajaran pemain-pemainnya ga gitu terkenal kecuali Gerard Depardieu (ini juga ga familiar buat beberapa orang) ma Tabu (bintang film india yang gue juga ga ngeh ), yang jadi Pi bahkan baru kali ini main film. Fakta lainnya aslinya tokoh novelis yang lagi nginterview Pi dewasa seharusnya diperanin Tobey Maguire (actor favourite Ang Lee neeh kayaknya, sebelum ini dia main beberapa film-nya Ang Lee), tapi karena dia terlalu ngetop akhirnya semua adegan Tobey yang uda disyut dibuang n diganti ke Rafe Spall (hayooooo ada yang tauuu ?) actor yang belum begitu nyelebritis.  

·         Dari pendapatan Box Office,  standard lahh... minggu kemaren uda dapet 40-jutaan di Amerika walopun secara worldwide uda dapet 125 juta USD  (uda nutup ongkos produksinya yang 120 juta USD)  dan masih akan bertambah karena film ini masih diputar di bioskop-bioskop seluruh dunia plus nantinya akan ada hasil penjualan DVD n Blue Ray-nya.

·         Kesimpulan : Bakal nonton Film ini lagi (sayangnya di Indonesia, belum masuk versi IMAX-nya.....ini desas desus di kaskus ^^ kalo ada 3D IMAX kayaknya bakal kesitu daahhh –kalo ada yang bayarin- hehehehe).

·         Harapan :
-          Ang Lee dapet Oscar lagi (Beliau pernah dapet Oscar Sutradara terbaik saat bikin Brokeback Mountain dan hampir dapet Oscar juga saat bikin Crouching Tiger Hidden Dragon).
-          Indonesia bisa bikin film kayak gini.... temen2 di gunsa yukkkk bikin.... ^^

Nonton Life of Pi buat gue kayak dikasi beberapa arahan dari beberapa pertanyaan –pertanyaan yang kadang bersliweran di kepala, meskipun ampe sekarang gue belun nemu jawaban pastinya, namun Life Of Pi dengan kesederhanaannya yang spektakuler makin menegaskan ke gue kalo Tuhan itu Baik, Tuhan itu maha kuasa.
Novelis yang bertandang ke rumah Pi nanya pertanyaan yang intinya : “Apakah kisahmu bisa ngebuat gue percaya Tuhan ?”
Gue tertampar dengan pertanyaan ini, gimana kita sebagai “kitab yang terbuka” ini ngejalanin idup kita, apakah kisah hidup kita bisa ngebuat orang yakin kalo Tuhan itu ada ? jangan – jangan malah kita skeptis ama idup kita sendiri. ga nyadar kalo apapun yang kita lakuin bisa jadi “kesaksian” buat orang lain, jangan-jangan kita “nyaman” ama mental blok yang kita ciptain sendiri, kita terkotak dalam kotak - kotak yang kita buat dalam pikiran kita sendiri, kita ngejalanin idup yang gini-gini aja, ngeluh saat ga bisa idup enak, ngambek saat ga bisa kerja gampang. Sering kita ga maksimalin apa yang udah Tuhan kasi ke kita n cenderung ga tau malu saat kita diem-in apa yang sebetulnya bisa kita kerjain. Bahkan kita cenderung ngebatasin campur tangan Tuhan dalam idup kita. Seringkali bahkan kita ga berani “berpetualang” dalam pikiran sendiri yang ujung-ujungnya kita jadi orang yang kayak gitu-gitu aja, ga berkembang, ga inovatif,
“Perjalanan iman” seorang Pi yang teruji kala harus ngehadapin banyak hal disaat kehilangan segalanya ngebuat gue mikir, betapa seringkali gue ga bersyukur dengan apa yang gue punya sekarang.
Buat gue, nonton Life of Pi adalah sebuah petualang otak dan mata dalam 127 menit pemutaran film-nya.
Akhirnya, nyambung dengan yang diatas banged, bagi yang mau kasi gue novelnya… ditunggu yaa… ahahahahhaa. 


 Jakarta, 09 Desember 2012

* Mudah-mudahan diterima n bisa dimuat di komikmuda.com ^^
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar